2 September 2016

PESONA KOTA KEDIRI

Posted by Widyaningrum Kharomah under: Uncategorized .

Hallo ! assalamualaikum akhi dan ukhti apa kabar? Kabar baik bukan?. Kali ini saya akan membahas tentang kota kelahiran saya, yaitu Kota Kediri. Siapa sih yang tidak mengenal kota kediri? Kota dengan edukasi kampung inggris yang sedang mendunia, tepatnya di kecamatan pare.

gumul

Banyak sekali budaya di kediri yang masih kental dengan mitos orang jawa tempoe doeloe, namun semakin memudar. Budaya di kediri yang masih melekat adalah 1000 tumpeng di gunung kelud, perayaan acara dengan menampilkan sebuah tarian dan masih banyak lagi khususnya dengan budaya jawa yang kental.

1

Setiap tanggal 25 maret , kota kediri mengadakan karnaval besar-besaran dan lomba-lomba. Tari yang paling terkenal adalah tari jaranan. Di kediri juga banyak sekali tempat hitz seperti monumen simpang lima gumul (SLG),gunung kelud, air terjun dholo, pohsarang dan masih banyak lagi, tapi saya hanya membahas 3 saja.

  1. Simpang lima gumul (SLG)

gumul

Nah ! yang pertama ini adalah ikon kota kediri. Monumen setinggi 25 meter ini bentuknya sama seperti Arc de Triomphe yang berada di Paris, Perancis. Monumen ini terletak di Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Jika kalian berniat berlibur disini kalian tidak perlu mengeluarkan uang untuk menikmati fasilitasnya dan tentunya kalian bisa berfoto sepuasnya. Menarik bukan?

  1. Gunung Kelud

IMG_2672

Di kediri juga ada loh gunung berapi yang masih aktif dan kemarin tahun 2013 kembali meletus. Gunung kelud ini sangat cocok bagi kalian yang suka hunting maupun yang suka dengan alam bebas. Biaya tiket masuk nya juga tergolong murah loh.. tapi keindahanya tidak kalah dengan harga tiket masuk yang di tawarkan. Berniat kewisata yang satu ini? Yuk buruan biar kekinian hehe..

 

  1. Toko Pusat Oleh-Oleh Di KEDIRI

20160901113949 20160901114251

Setelah kalian jauh jauh berwisata di kediri jangan lewatkan jajanan khas kediri yang paling enak ini, yaitu tahu pong dan gethuk pisang. Meskipun namanya sederhana, kalian tidak boleh meremehkan jajanan ini loh.. rasanya itu bagai terbang ke langit di antara kilauan pelangi yang membentuk sebuah rasa bahagia dalam nostalgia CEILAH HAHAHA. Serius ! pokoknya wajib coba kalau kalian ke kediri, di jamin uwenak ! dan bakalan ketagihan lagi.

Leave a Reply